Penerimaan Mahasiswa

pmb blank

 Program yang dibuka untuk Tahun Akademik 2016 / 2017 :

  • Program Sarjana dan Diploma :
    • Program Reguler
      • Jalur Umum
      • Jalur PMDK ( Penelusuran Minat dan Kemampuan )
    • Program Non-Reguler / "Kelas Karyawan"
    • Program Ekstensi / Alih Jenjang
  • Program Studi Profesi Ners
 

Sarjana dan Diploma

  • Wanita (untuk semua program studi) atau pria (kecuali untuk Program Studi DIII Kebidanan).
  • Berbadan sehat dan tidak buta warna.
  • Lulusan SMA atau sederajat (untuk program reguler dan non-reguler), atau

          lulusan DIII Keperawatan (untuk program ekstensi S1 Keperawatan), atau

          lulusan DI Kebidanan (untuk program ekstensi DIII Kebidanan).

  • Sudah bekerja (untuk program non-reguler).
  • Mengisi formulir pendaftaran.
  • Menyerahkan kelengkapan pendaftaran :
            1. Fotokopi Ijazah SMA / sederajat (untuk program reguler dan non-reguler), atau Surat Keterangan Lulus SMA / sederajat, atau Surat Keterangan Sedang Menempuh Pendidikan Tingkat Akhir di SMA / sederajat pada Tahun Pelajaran 2014 / 2015 (untuk program reguler) ;
            2. Fotokopi ijazah dan transkrip akademik DIII Keperawatan atau DI Kebidanan (untuk program ekstensi) ;
            3. Surat keterangan pegawai dari pimpinan tempat bekerja, atau surat pernyataan telah bekerja (untuk program non-reguler) ;
            4. Pas foto berwarna terbaru ukuran 3 x 4 cm sebanyak 3 (tiga) lembar, dengan ketentuan : mengenakan kemeja putih polos dan latar belakang foto berwarna merah ;
            5. Biaya pendaftaran sebesar Rp 100.000,00 untuk satu pilihan program studi atau Rp 150.000,00 untuk dua pilihan program studi dan biaya uji kesehatan sebesar Rp 100.000,00.

Waktu Pendaftaran

  • Senin s.d. Jumat  :  08.00 s.d. 15.30 WIB
  • Sabtu                   :  08.00 s.d. 12.00 WIB


Tempat Pendaftaran

  • Kampus I Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Rajawali

         Jalan Rajawali Barat No. 38 Bandung
         Tel. 022 - 6079141

  • Kampus II Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Rajawali

         Jalan Cihanjuang No. 303 (Km 6,3) Bandung Barat
         Tel. 022 - 6649197

Ujian seleksi penerimaan mahasiswa baru terdiri atas : uji tulis, uji kesehatan, dan wawancara.

Uji Tulis

Uji tulis terdiri atas 60 butir soal dengan waktu pengerjaan maksimum 60 menit, dengan materi :

  • Bahasa Inggris, Matematika, dan Biologi (untuk program reguler dan non-reguler)
  • Ilmu Keperawatan Terpadu atau Ilmu Kebidanan Terpadu (untuk program ekstensi).


Waktu Pelaksanaan Ujian Seleksi

Gelombang I   :  18 Februari 2016
Gelombang II   :  23 Juni 2016
Gelombang III   :  3 September 2016
One Day Service   :  s.d. 3 September 2016, dilaksanakan maksimum 3 (tiga) hari sejak tanggal pendaftaran.

  • Peserta seleksi penerimaan mahasiswa baru yang dinyatakan lulus ujian seleksi, akan dinyatakan resmi diterima sebagai mahasiswa apabila yang bersangkutan telah melakukan registrasi pada waktu yang ditetapkan.
  • Batas waktu registrasi adalah 14 (empat belas) hari sejak yang bersangkutan dinyatakan lulus ujian seleksi atau pada waktu lain yang ditentukan oleh panitia.
  • Persyaratan yang harus dipenuhi pada saat melakukan registrasi adalah sebagai berikut :
            1. Menyerahkan bukti pembayaran biaya pendidikan awal ke Bank BNI dengan nomor akun 2808280848 atas nama STIKES Rajawali atau ke Bank Mandiri dengan nomor akun 131-00-3311003-4 atas nama Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Rajawali ;
            2. Menyerahkan materai Rp 6.000,00 (1 lembar) ;
            3. Mengisi formulir biodata mahasiswa dan formulir pernyataan mahasiswa.
  • Peserta seleksi penerimaan mahasiswa baru yang dinyatakan lulus ujian seleksi namun tidak melakukan registrasi pada waktu yang ditetapkan, dianggap mengundurkan diri sebagai calon mahasiswa baru.

Komponen Biaya Besar Biaya
Keterangan
 Biaya Pembinaan Pendidikan (BPP) Rp   1.000.000,00
 per bulan
 Biaya Seragam Rp   1.750.000,00  satu kali selama pendidikan
 Sumbangan Sukarela Kelipatan Rp 500.000,00 ; minimal Rp 1.500.000,00  satu kali selama pendidikan
  • BPP sudah termasuk : biaya Pengenalan Kehidupan Kampus / opspek, biaya angkat janji, biaya SKS, biaya ujian semester (UTS dan UAS), dan biaya praktik klinik di RS Rajawali.
  • Seragam terdiri atas : dua pasang seragam kuliah, satu pasang seragam praktik, satu pasang seragam kllinik (bagi Prodi S1 Keperawatan dan DIII Kebidanan) / satu buah jas laboratorium (bagi Prodi DIII Analis Kesehatan), satu buah jas almamater, satu buah baju kaus, satu pasang sepatu kuliah, satu pasang sepatu praktik, satu buah pin logo STIKES Rajawali, satu buah papan nama, dan dua buah kerudung / kap (bagi wanita).
  • Biaya awal pendidikan : 2 (dua) bulan BPP + Biaya Seragam + Sumbangan Sukarela.

  • Biaya pendaftaran dan uji kesehatan yang telah dibayarkan tidak dapat dikembalikan dengan alasan apapun.
  • Biaya pendidikan yang telah dibayarkan hanya dapat dikembalikan apabila mahasiswa baru mengalami salah satu dari keadaan-keadaan berikut ini :
            1. Tidak lulus pada Ujian Nasional (UN) Tahun Pelajaran 2015 / 2016, yang dibuktikan dengan surat keterangan tidak lulus UN dari sekolah. Biaya pendidikan yang akan dikembalikan :
100 %   ( seratus persen )   BPP ;
100 %   ( seratus persen )   Biaya Seragam, bila belum dilakukan pengukuran seragam, atau
0 %   ( nol persen )   Biaya Seragam, bila sudah dilakukan pengukuran seragam ;
100 %   ( seratus persen )   Sumbangan Sukarela.
            1. Dinyatakan diterima dan telah melakukan registrasi di Perguruan Tinggi Negeri (PTN) pada Semester Gasal Tahun Akademik 2016 / 2017, yang dibuktikan dengan surat / tanda bukti telah melakukan registrasi di PTN yang bersangkutan. Biaya pendidikan yang akan dikembalikan :
80 %   ( delapan puluh persen )   BPP ;
100 %   ( seratus persen )   Biaya Seragam, bila belum dilakukan pengukuran seragam, atau
0 %   ( nol persen )   Biaya Seragam, bila sudah dilakukan pengukuran seragam ;
0 %   ( nol persen )   Sumbangan Sukarela.

  • Hanya berlaku untuk program reguler.
  • Persyaratan dan ketentuan khusus :
            1. Kelengkapan pendaftaran :
                  1. Fotokopi rapor SMA / sederajat semester I s.d. V dengan nilai rata-rata seluruh mata pelajaran ≥ 7,5 dan tidak terdapat nilai < 7 ;
                  2. Surat keterangan berkelakuan baik dari sekolah asal ;
                  3. Biaya uji kesehatan sebesar Rp 100.000,00.
            2. Ujian seleksi penerimaan mahasiswa baru terdiri atas uji kesehatan dan wawancara.
            3. Biaya pendidikan : bebas Sumbangan Sukarela.
  • Penerimaan Jalur PMDK akan ditutup apabila mahasiswa telah mencapai kuota (20 orang mahasiswa per program studi).

  • Mahasiswa baru program reguler Tahun Akademik 2016 / 2017 diwajibkan tinggal di Asrama Kampus II Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Rajawali selama 2 (dua) semester awal.
  • Besarnya biaya asrama diatur di dalam keputusan tersendiri.

Unduh Ketentuan Umum PMB TA 2016 / 2017 Program Sarjana dan Diploma

Profesi Ners

      • Wanita atau pria.
      • Berbadan sehat dan tidak buta warna.
      • Lulusan Program S1 Keperawatan.
      • Mengisi formulir pendaftaran.
      • Menyerahkan kelengkapan pendaftaran :
                1. Fotokopi Ijazah dan Transkrip Akademik Program S1 Keperawatan ;
                2. Pas foto berwarna terbaru ukuran 3 x 4 cm sebanyak 3 (tiga) lembar, dengan ketentuan : mengenakan kemeja putih polos dan latar belakang berwarna merah ;
                3. Biaya pendaftaran dan uji kesehatan sebesar Rp 200.000,00.

Waktu Pendaftaran

  • Senin s.d. Jumat  :  08.00 s.d. 15.30 WIB
  • Sabtu                   :  08.00 s.d. 12.00 WIB


Tempat Pendaftaran

  • Kampus I Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Rajawali

         Jalan Rajawali Barat No. 38 Bandung
         Tel. 022 - 6079141

  • Kampus II Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Rajawali

         Jalan Cihanjuang No. 303 (Km 6,3) Bandung Barat
         Tel. 022 - 6649197

Ujian seleksi penerimaan mahasiswa baru terdiri atas : uji tulis, uji kesehatan, dan wawancara.

Uji Tulis

Uji tulis terdiri atas 60 butir soal Ilmu Keperawatan Terpadu dengan waktu pengerjaan maksimum 60 menit.


Waktu Pelaksanaan Ujian Seleksi

Gelombang I   :  18 Februari 2016
Gelombang II   :  23 Juni 2016
Gelombang III   :  3 September 2016
One Day Service   :  s.d. 3 September 2016, dilaksanakan maksimum 3 (tiga) hari sejak tanggal pendaftaran.

  • Peserta seleksi penerimaan mahasiswa baru yang dinyatakan lulus ujian seleksi, akan dinyatakan resmi diterima sebagai mahasiswa apabila yang bersangkutan telah melakukan registrasi pada waktu yang ditetapkan.
  • Batas waktu registrasi adalah 14 (empat belas) hari sejak yang bersangkutan dinyatakan lulus ujian seleksi atau pada waktu lain yang ditentukan oleh panitia.
  • Persyaratan yang harus dipenuhi pada saat melakukan registrasi adalah sebagai berikut :
            1. Menyerahkan bukti pembayaran biaya pendidikan awal ke Bank BNI dengan nomor akun 2808280848 atas nama STIKES Rajawali atau ke Bank Mandiri dengan nomor akun 131-00-3311003-4 atas nama Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Rajawali ;
            2. Menyerahkan materai Rp 6.000,00 (1 lembar) ;
            3. Mengisi formulir biodata mahasiswa dan formulir pernyataan mahasiswa.
  • Peserta seleksi penerimaan mahasiswa baru yang dinyatakan lulus ujian seleksi namun tidak melakukan registrasi pada waktu yang ditetapkan, dianggap mengundurkan diri sebagai calon mahasiswa baru.

Komponen Biaya Termin I *
Termin II *
Termin III *
Jumlah
 Biaya Pembinaan Pendidikan (BPP) Rp   5.000.000,00
Rp   5.500.000,00 Rp   5.500.000,00 Rp 16.000.000,00
 Biaya Seragam Rp   1.500.000,00 - - Rp   1.500.000,00
Jumlah Rp   6.500.000,00 Rp   5.500.000,00 Rp   5.500.000,00 Rp 17.500.000,00
  • Seragam terdiri atas : dua pasang seragam praktik, satu buah jas almamater, satu buah baju kaus, dua pasang sepatu praktik, satu buah pin logo STIKES Rajawali, satu buah papan nama, dan dua buah kerudung / kap (bagi wanita).
  • Penentuan jatuh tempo pembayaran masing-masing termin ditentukan kemudian.

  • Semua jenis biaya (biaya pendaftaran dan uji kesehatan, biaya pendidikan) yang telah dibayarkan tidak dapat dikembalikan dengan alasan apapun.

Unduh Ketentuan Umum PMB TA 2016 / 2017 Program Studi Profesi Ners

Mahasiswa Pindahan

      • Penerimaan mahasiswa pindahan hanya dapat dilakukan pada awal semester gasal.
      • Seseorang dapat menjadi mahasiswa pindahan apabila :

                1. Berasal dari program studi yang sama dengan program studi tujuan.
                2. Program studi asal memiliki peringkat akreditasi yang sama atau lebih tinggi dibandingkan dengan program studi yang dituju.
                3. Perguruan tinggi asal tidak berdomisili di wilayah Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kabupaten Bandung Barat, atau Kota Cimahi.
                4. Minimal telah menempuh pendidikan selama 2 semester di perguruan tinggi asal.
                5. Memiliki Indeks Prestasi Kumulatif sekurang-kurangnya 2,75.
                6. Masih memungkinkan untuk menyelesaikan pendidikan dalam batas studi maksimum.
                7. Tidak mengalami putus studi karena tidak memenuhi ketentuan akademik di perguruan tinggi asal ataupun karena masalah perilaku.
                8. Kapasitas / daya tampung program studi yang dituju masih memungkinan untuk menerima mahasiswa pindahan.
                9. Lulus uji kesehatan dan wawancara.
      • Masa studi yang telah ditempuh di perguruan tinggi asal, diperhitungkan dalam penghitungan batas waktu studi mahasiswa pindahan.
      • Besarnya biaya pendidikan bagi mahasiswa pindahan adalah sesuai dengan biaya yang berlaku bagi mahasiswa baru pada tahun akademik yang sedang berjalan.

      • Calon mahasiswa pindahan mengajukan permohonan pindah secara tertulis kepada Ketua Sekolah Tinggi yang disampaikan melalui Bagian Administrasi Akademik dan Kemahasiswaan (BAAK) selambat-lambatnya 1 (satu) bulan sebelum semester gasal dimulai.
      • Surat permohonan pindah dilampiri dengan berkas :
                1. Daftar nilai mata kuliah yang telah ditempuh di perguruan tinggi asal ;
                2. Surat rekomendasi pimpinan perguruan tinggi asal ;
                3. Surat keterangan berkelakuan baik selama di perguruan tinggi asal ;
                4. Surat persetujuan orang tua / wali / instansi pengirim.
      • Setelah syarat-syarat sebagaimana tercantum pada butir di atas terpenuhi, BAAK menyampaikan surat permohonan dan berkas calon mahasiswa pindahan kepada Ketua Program Studi yang dituju.
      • Program Studi yang dituju menyusun mata kuliah dan nilai kredit yang dapat disetarakan, serta mata kuliah dan nilai kredit yang masih harus diambil oleh calon mahasiswa pindahan.
      • Ketua Program Studi atau pejabat yang ditunjuk oleh Ketua Program Studi melakukan wawancara dan uji kesehatan terhadap calon mahasiswa pindahan.
      • Setelah menilai seluruh aspek, Ketua Program Studi menyampaikan surat rekomendasi kepada Ketua Sekolah Tinggi.
      • Dengan memperhatikan rekomendasi Ketua Program Studi, Ketua Sekolah Tinggi menerbitkan surat penerimaan atau penolakan mahasiswa pindahan.
      • Apabila permohonan pindah disetujui oleh Ketua Sekolah Tinggi, calon mahasiswa pindahan diwajibkan untuk melakukan registrasi dan melengkapi persyaratan administratif seperti mahasiswa baru, serta melengkapi persyaratan administratif lainnya sesuai dengan ketentuan Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan dan / atau jajarannya.
      • Batas waktu registrasi adalah 14 (empat belas) hari sejak permohonan pindah disetujui oleh Ketua Sekolah Tinggi.
      • Calon mahasiswa pindahan yang permohonan pindahnya telah disetujui oleh Ketua Sekolah Tinggi namun tidak melakukan registrasi pada waktu yang ditetapkan, dianggap mengundurkan diri sebagai mahasiswa pindahan.

phonesmslogo_whatsapp 085102751162   logo_facebook pmbstikesrajawali   logo_twitter @PMBRajawali
 

UNDUH |  LogoHymne & MarsPeraturanPanduanFormulir |                                                                                                                                                            ^ kembali ke atas