TINGKAT PENGETAHUAN IBU HAMIL TENTANG PENGHITUNGAN GERAKAN JANIN  
ATAU FETAL MOVEMENT COUNTING (FMC)

Lia Kamila
Pertemuan Ilmiah Bidan II, Juni 2013

 

Latar Belakang : Beberapa tahun terakhir ini, angka kematian dan kesakitan perinatal telah menurun secara signifikan, akan tetapi kematian perinatal masih merupakan masalah. Meskipun kebanyakan kematian janin tidak pada kelompok kehamilan risiko tinggi, akan tetapi beberapa kematian tersebut terjadi pada kehamilan rendah bahkan normal, untuk itu diperlukan cara untuk menapis secara dini adanya gawat janin yang efektif dari segi biaya yang dapat dilakukan oleh semua ibu hamil, yaitu penghitungan gerakan janin dengan mengamati gerakan janin yang ibu rasakan setiap hari yanng bisa dilakukan oleh ibu hamil di rumah.

Tujuan : Mengetahui tingkat pengetahuan ibu hamil tentang penghitungan gerakan janin meliputi pengertian, tujuan, manfaat, dan metode.

Metode : Metode deskriptif dengan pendekatan cross sectional dengan menggunakan kuesioner tertutup sebanyak 20 pertanyaan dengan sampel 110 orang ibu hamil. Penelitian dilaksanakan pada bulan Juni - Juli 2008 di Puskesmas Padasuka Bandung.

Kesimpulan : Sebagian besar responden mempunyai pengetahuan yang cukup (44%) tentang penghitungan gerakan janin.

 

Unduh poster & sertifikat (pdf, 1.265 KB)

blank

 

UNDUH | Brosur | Logo | Hymne & MarsPeraturan & ProsedurPanduan & Pedoman |  Formulir |                                                                                        ^ kembali ke atas