GAMBARAN KEPUASAN KELUARGA PASIEN TERHADAP LAYANAN KEPERAWATAN
DI RUMAH SAKIT JIWA CIMAHI

Lisbet Octovia Manalu
Jurnal Kesehatan Rajawali Vol. 2 No. 2, September 2009

 

Penelitian tentang kepuasan keluarga terhadap pelayanan keperawatan di Rumah Sakit Jiwa Cimahi bertujuan untuk memperoleh gambaran kepuasan keluarga dilihat dari aspek dapat dilihat (tangible), kehandalan (reliability), ketanggapan (responsivenes), jaminan (assurance), empati (emphaty). Penelitian ini dilakukan di Rumah Sakit Jiwa Cimahi terhadap responden yang mengunjungi anggota keluarganya di ruang rawat inap dan yang mengantar anggota keluarganya berobat jaan yang mana anggota keluarga yang sakit sudah pernah dirawat di ruang rawat inap dengan menggunakan cara accidental sampling. Tehnik analisa data pada hasil penelitian ini menggunakan metode importance-Performance Analysis atau analisis tingkat kepentingan dan kepuasan pelanggan dijabarkan dalam bentuk Diagram Kartesius yang dibagi menjadi 4 Kuadran A (Prioritas Utama), Kuadran B (Pertahankan Prestasi), kuadran C (Prioritas Rendah), Kuadran D (Berlebihan).

Hasil penelitian, yang menggambarka kepuasan keluarga terhadap pelayanan keperawatan secara keseluruhan terhadap kelima aspek adalah baik dari dimensi dapat dilihat (tangible) 95,79%, kehandalan (reliability) 88,59%, ketanggapan (responsivenes) 83,63%, jaminan (assurance) 91,84%, empati (emphaty) 92,59%. Rata-rata tindakan keperawatan dinilai penting dan memuaskan oleh keluarga, terdapat 8 tindakan keperawatan yang dianggap mempengaruhi kepuasan keluarga, dan unsur-unsur jasanya dianggap sangat penting namun belum dilaksanakan sesuai dengan harapan keluarga yang mana ini merupakan prioritas utama. Berdasarkan hasil penelitian maka disampaikan beberapa saran yaitu perawat harus lebih memperhatikan hal-hal yang lebih fokus dilakukan, dimana perawat juga berperan penting dalam penyelenggaraan upaya menjaga mutu pelayanan kesehatan di rumah sakit.

Kata Kunci : kepuasan keluarga, pelayanaan keperawatan, rumah sakit jiwa

 

Unduh fulltext (pdf, 3.318 KB)

blank

 

UNDUH | Brosur | Logo | Hymne & MarsPeraturan & ProsedurPanduan & Pedoman |  Formulir |                                                                                        ^ kembali ke atas