PENGARUH PEMBERIAN POSISI TERHADAP NILAI TIDAL VOLUME
Budi Rustandi, Sari Fatimah, Titin Mulyati
Jurnal Kesehatan Stikes Satriya Bhakti Nganjuk Vol. 2 No. 1, Desember 2014

 

Pendahuluan. Pengaturan posisi bertujuan untuk mengutamakan kenyamanan pasien, mencegah pembentukan ulkus akibat tekanan serta mengurangi kejadian trombosis vena dalam, emboli paru, atelektasis dan pneumonia. Posisi yang diberikan adalah HOB, lateral kiri dan kanan diikuti oleh posisi tubuh lain seperti terlentang atau posisi semi telentang. Posisi tersebut dapat mempengaruhi perubahan tidal volume karena adanya resistensi atau terbatasnya pengembangan paru sehingga status oksigenasi dan hemodinamik berubah. Pasien yang terpasang ventilasi mekanik dengan mode CPAP memaksa pasien untuk berusaha bernapas secara mandiri tanpa bantuan dari ventilator sehingga monitoring tidal volume pada berbagai posisi perlu dilakukan secara ketat. Monitoring tidal volume dilihat pada monitor ventilator. Nilai tidal volume pada posisi lateral akan meningkatkan resistensi karena salah satu paru berada pada posisi tergantung yang menyebabkan pegembangan paru terbatas. Kondisi ini jika tidak di perhatikan dapat menyebabkan kondisi pasien lebih buruk sampai terjadi hipoksia.

Metode. Tujuan dari literature review untuk mengetahui pengaruh posisi terhadap nilai tidal volume. Penelusuran EBSCO, NCBI dan Cochrane Database dilakukan untuk mendapatkan sumber-sumber artikel dan jurnal yang sesuai.

Hasil. Posisi dapat memberikan manfaat terapeutik untuk mencegah terjadinya ulkus akibat tekanan serta mengurangi kejadian trombosis vena dalam, emboli paru, atelektasis dan pneumonia. Posisi yang diberikan pada pasien adalah HOB, lateral kanan dan kiri. Pada posisi lateral menyebabkan dinamika komplians paru dan dead space menjadi lebih rendah dan resistensi paru lebih tinggi pada paru yang dependent dibanding yang nondependent. Meskipun begitu dinamika komplians total paru berkurang dan pengurangan terjadi meskipun pernapasan terkontrol atau spontan. Penurunan ini bersifat progresif dan mungkin disebabkan oleh timbulnya atelektasis pada paru dependent dan overdistensi dari paru yang nondependent.

Kesimpulan. Nilai tidal volume posisi HOB elevation 30° lebih baik dari posisi lateral

Kata kunci : posisi, tidal volume, ventilasi mekanik

 

Unduh fulltext (pdf, 771 KB)

blank

 

UNDUH | Brosur | Logo | Hymne & MarsPeraturan & ProsedurPanduan & Pedoman |  Formulir |                                                                                        ^ kembali ke atas