IDENTIFIKASI KELULUSAN UKNI BERDASARKAN HASIL TRY OUT
DI STIKES RAJAWALI BANDUNG TAHUN 2016

Lisbet Octovia Manalu, Arie Joseph Pitono
Seminar Nasional & Lokakarya Uji Kompetensi Tenaga Kesehatan, 9-10 Februari 2017

 

Latar Belakang : Uji Kompetensi merupakan salah satu instrumen yang diwajibkan pemerintah untuk memastikan kualitas lulusan yang berkualitas. Pada uji kompetensi terdapat suatu proses untuk mengukur pengetahuan, keterampilan, dan sikap tenaga kesehatan sesuai dengan standar profesi. Try out (TO) bertujuan untuk mempersiapkan calon lulusan yang akan menghadapi uji kompetensi pada tahap akhir kelulusan dan juga TO uji kompetensi merupakan bagian dari siklus uji kompetensi yang sangat diperlukan sebagai upaya untuk memberikan pengalaman dan mempersiapkan mental serta berlatih mahasiswa dalam menghadapi Uji Kompetensi yang terstandar.

Tujuan Penelitian : Untuk mengidentifikasi proporsi peserta yang lulus UKNI berdasarkan hasil TO.

Metodologi : Rancangan penelitian ini adalah studi cross-sectional, dengan sampel seluruh lulusan STIKES Rajawali yang mengikuti TO XI 30-31 Juli 2016 dan UKNI 23-24 September 2016 sebanyak 114 orang (total sampling). Analisis hubungan nilai TO dengan hasil UKNI menggunakan uji chi square.

Hasil : Terdapat hubungan antara Nilai TO dengan hasil UKNI ( p < 0,001 ). Sebanyak 86,4 % peserta yang lulus UKNI memiliki nilai TO lebih tinggi atau sama dengan nilai kelulusan UKNI. Sementara 87,9 % peserta yang tidak lulus UKNI memiliki nilai TO lebih rendah dari nilai kelulusan UKNI.

Kesimpulan : TO dapat mengidentifikasi 86,4 % peserta yang lulus UKNI dan 87,9 % yang tidak lulus UKNI.

Kata kunci : Kualitas, Try Out, Uji Kompetensi

 

Unduh fulltext (pdf, 1.038 KB)          Unduh sertifikat (jpg, 123 KB)

blank

 

UNDUH | Brosur | Logo | Hymne & MarsPeraturan & ProsedurPanduan & Pedoman |  Formulir |                                                                                        ^ kembali ke atas